MARS PMII

Inilah kami wahai Indonesia Satu barisan dan satu cita Pembela bangsa, penegak agama Tangan terkepal dan maju kemuka Habislah sudah masa yang suram Selesai sudah derita yang lama Bangsa yang jaya Islam yang benar Bangun tersentak dari bumiku subur *Reff : Denganmu PMII Pergerakanku Ilmu dan bakti, ku berikan Adil dan makmur kuperjuangkan Untukmu satu tanah airku Untukmu satu keyakinanku Inilah kami wahai Indonesia Satu angkatan dan satu jiwa Putera bangsa bebas meerdeka Tangan terkepal dan maju kemuka Denganmu PMII Pergerakanku Ilmu dan bakti, ku berikan Adil dan makmur kuperjuangkan Untukmu satu tanah airku Untukmu satu keyakinanku

Jumat, 09 Desember 2011

DRAFT LPJ PK PMII AHMAD DAHLAN 2011

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN
PENGURUS KOMISARIAT
PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA
AHMAD DAHLAN
Masa khidmat 2010-2011

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

A. PENDAHULUAN
,,,
Bismillah wa ’ala millati rasulillah
Asyhadu anlaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan rosulullah

Yang kami hormati sahabat-sahabat Pengurus Cabang PMII Purworejo
Yang kami hormati sahabat-sahabat Pengurus Komisariat PMII An-Nawawi
Yang kami hormati sahabat-sahabat Pengurus Komisariat PMII STAINU
Yang kami hormati sahabat-sahabat Pengurus Komisariat PMII Ahmad Dahlan
Yang kami hormati sahabat-sahabat anggota dan kader PMII.

Alhamdulillah, luapan samudera syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan segala agama yang telah melimpahkan anugerah berupa daya, upaya dan kesehatan, sehingga hari ini kita dapat bertemu dan berkumpul dalam forum yang mulia ini. Rahmat ta’dzim Allah beserta salam, semoga senantiasa tercurah kepada pemimpin kita, junjungan kita, penentram hati kita, Nabi agung Muhammad SAW, sang pembebas umat manusia yang telah mengangkat harkat dan derajat manusia. Kemudian bagi Sahabat, keluarga dan umatnya. Semoga kita mendapatkan syafa’atnya dalam beragama, hidup didunia dan diakhirat kelak. Amin.
Tak dapat merangkai kata betapa bahagianya kita dapat dipertemukan dalam momen yang berbahagia ini. Salah satu dari sederet banyaknya kewajiban kita dalam berorganisasi. Saat ini kita bersama dapat menjalankan proses penting dalam organisasi, yaitu hadir dan mengikuti Rapat Tahunan Komisariat (RTK) perdana pada PMII Komisariat Ahmad Dahlan. Sebagai yang pertama tentunya momen ini menjadi teramat penting bagi kita dalam berproses di PMII Ahmad dahlan, karena mau tidak mau ini akan dijadikan acuan pada RTK-RTK selanjutnya. Ini merupakan forum tertinggi ditingkat Komisariat, dimana dengan seluruh daya dan upaya kita lakukan evaluasi, refleksi, diskusi, reduksi dan perencanaan bagi gerakan PMII Ahmad Dahlan kedepan. Selain forum bagi proses reorganisasi dan regenerasi dalam tubuh internal Komisariat, forum ini bahwasanya juga diharapkan akan melahirkan Strategi keorganisasian, GBHO dan yang sangat sangat penting adalah rekomendasi bagi perjalanan kepengurusan satu periode kepengurusan kedepan. Begitu pentingnya semoga RTK ini menghasilkan rumusan yang bermanfaat. Kami selaku pengurus komisariat mengharap sahabat-sahabati dapat mengikuti forum RTK ini dengan segala khidmat, sehingga diharapkan lahir pikiran-pikiran yang brilian.
Perlu diketahui bahwa PMII Komisariat Ahmad Dahlan yang dideklarasikan pada 24 Oktober2010 adalah merupakan sebuah realitasejarah. Sesuai dengan amanat yang diberikan sahabat-sahabati dalam Deklarasi dan Rapat Pembentukan Komisatiat Ahmad Dahlan pada saat itu, bahwa kami untuk menjalankan kepengurusan komisariat masa khidmat 2010-2011. Ini menjadi sebuah tanggung jawab yang berat karena merupakan amanah organisasi yang harus dijalankan dengan semangat dan dukungan seluruh pengurus yang masuk dalam struktur organisasi.Dengan segala keterbatasan kami sebagai pengurus telah banyak berbuat yang sesuai dengan kemampuan kami dalam menjalankan roda organisasi pada level Komisariat.
Bahwa perlu lagi-lagi kami mengulang bahwa sejak dibentuk tanggal 24 Oktober 2010 Komisariat PMII Ahmad Dahlan dan dipercayakannya kami sebagai pengurus adalah tidak ubahnya sebagai pelaksana tugas dalam suatu organisasi yang kondisinya adalah menjalankan dan merintis organisasi hingga dari tidak ada menjadi ada. Yang sebelumnya tidak dikenal menjadi mampu diperhitungkan dilevel-level tertentu. Terlepas dari itu semua konsenstrasi Komisariat yang ada didalam kampus tidak lepas dari kontrol dan kerjasama dari Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Purworejo serta dukungan dari komisariat An-Nawawi dan STAINU.
Torehan diatas adalah sekelumit catatan yang mengawali laporan Pertanggung jawaban kami, yang dibagi atas :
1. Pendahuluan
2. Kondisi Internal Organisasi
3. Kondisi Ekternal Organisasi
4. Hambatan
5. Penutup

B. KONDISI INTERNAL ORGANISASI

Selama satu tahun perjalanan komisariat Ahmad Dahlan sebagai organisasi dalam kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo menemukan berbagai dinamika yang bisa kita nilai sebagai sebuah realitas gerakan PMII. Beberapa hal penting yang bisa kami jadikan bahan laporan adalah sebagai berikut:

1. Kaderisasi dan pengembangan kader
Sebagai organisasi yang berbasis pada kader, PMII harus senantiasa menempatkan pengkaderan sebagai agenda yang utama dan pertama. Untuk itulah penataan dan penguatan sistem pengkaderan menjadi amat penting dan terus dilakukan dengan tuntutan kebutuhan organisasi gerakan PMII kedepannya. Sebagai agenda penting dan pertama pengkaderan yang merupakan human invest bukanlah semata-mata merekrut kader sebanyak mungkin tetapi bagaimana menciptakan kader yang berkualitas memahami betul apa dan bagaimana dia dalam tubuh PMII itu sendiri.
PMII Komisariat Ahmad Dahlan yang memang baru berusia satu tahun ini, telah mengawali proses kaderisasi dengan mengikuti proses pengkaderan awal MAPABA yang diselenggarakan oleh Komisariat AN-Nawawi pada 16-18 Juni 2010 di PKBM Afkar Banyuurip. Sebanyak 23 calon anggota PMII Ahmad Dahlan ini merupakan embrio bagi digagasnya pembentukan Komisariat Ahmad Dahlan.
Terbentuknya Komisariat tentu bukanlah ujung dari proses pengkaderan tersebut, melainkan pintu bagi proses-proses selanjutnya. Untuk itu selama dalam kepengurusan kami telah melakukan proses kaderisasidibingkai dengan nama Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) pada 22-24 April 2011 di Winong Kidul Gebang yang diikuti 27 peserta. Selain itu juga mendelegasikan peserta pada MAPABA yang diselenggarakan oleh Komisariat STAINU pada 18-20 November 2011 bertempat di Kroyo Gebang sejumlah 14 peserta.Secara kuantitas jumlah anggota dan kader PMII Komisariat Ahmad Dahlan sebanyak 64 orang.
Tantangan lain bagi kami untuk kemudian melakukan rekruitmen kader dalam kampus adalah sengitnya pertarungan perebutan bassis massa dengan organisasi-organisasi eksternal lainnya.
Namun kembali kami tegaskan bahwa PMII bukanlah organisasi massa yang semata-mata merekrut kader sebanyak mungkin, tetapi bagaimana menciptakan kader yang berkualitas dan mampu menjadi kader PMII seperti yang telah tersirat dalam tujuan organisasi yang berbunyi "Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap, dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia".
Oleh karena itu dalam rangka pengembangan anggota dan kader kepengurusan komisariat periode ini berusaha menumbuhkan semangat dan perubahan cara pandang terhadap pergerakan: bahwa arah pergerakan PMII harus bersifat setrategis, dan professional dan massif. Bahwa kader bukanlah sekumpulan massa yang semata-mata mampu mengkritisi, melainkan kualifikasi individual bagaimana disebutkan dalam tujuan organisasi.
Program-program kaderisasi dan pengembangan kader selama satu tahun terakhir ini dalam mengarahkan gerakan dan berupaya untuk memberikan pemahaman tentang arti pergerakan. Dan kami tempuh dengan strategi pengkaderan melalui refleksi, diskusi, aksi, dan sejumlah kegiatan kaderisasi yang kami selenggarakan adalah beberapa ikhtiar yang kami lakukan untuk memberikan semangat dalam pergerakan dan militansi kader.
Langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam penguatan basis kaderisasi dalam satu periode ini sebagai upaya realisasi pengembangan kaderantara lain:
1. PK merekomendasikan Sahabat KA, IS, dan UL untuk mengikuti sekolah gender di Kebumen.
2. PK dengan rekomendasi PC mengirim sahabat KA, IS dan UL untuk mengikuti diklat kewirausahaan yang diselenggarakan PKC PMII Jawa Tengah di Kudus.
3. PK dengan rekomendasi PC mengirim sahabat Erfika, Abror, Umi, Irma dan Beta pada KONKORCAB PKC PMII Jawa Tengah di Pati.

2. Manajerial organisasi
Sebagai mandataris Rapat Pembentukan Komisariat, tidaklah mungkin menjalankan organisasi seorang diri, dalam mengemban dan menjalankan amanah warga pergerakan saya dibantu seluruh pengurus.Dalam kepengurusan kami ini pola kepemimpinan yang diterapkan bukanlah pola instuksi atau komando melainkan pola kepemimpinan kolektifitas yang berdasarkan job descrption yang juga merupakan hasil Rapat Pembentukan Komisariat.
Disiplin organisasi adalah bagian proses untuk selalu bergerak dalam koordinasi, bergerak dalam kepentingan organisasi dan bergerak dalamtujuan organisasi. Tanpa disiplin organisasi, organisasi kita ini akan sama dengan sekerumunan masa yang memilik kegiatan, tujuan,dan kemauan sendiri-sendiri dengan bendera yang sama.
Sisi lain, disiplin organisasi juga kami terapkan dalam konteks administrasi. Dalam setiap event ataupun acara kita selalu berusaha untuk mendokumentasikannya. Agar kita bisa mengevakuasi apa saja yang kita lakukan. Sehingga untuk kedepannya disa menjadi lebih baik lagi.
Demi lancarnya kegiatan organisasi dan sebagai persyaratan bagi tertib administrative dan kebutuhan organisasi lainnya. Maka BaseCamp atau kantor sekretariat sangatlah dibutuhkan. Untuk itu PMII Komisariat Ahmad Dahlan pun merealisasikannya berupa rumah kontrakan yang beralamat di Kelurahan Sindurjan RT 02/VIII Purworejo.

3. Kajian keislaman dan pendidikan
Demi membekali kader yang juga merupakan bagian dari masyarakat beragama, maka dalam kepengurusan kami mengadakan kajian yang khusus di bidang kegamaan. Diskusi yang mengulas agama dari berbagai perspektif inilah diharapkan akan menambah pengetahuan dan pengamalan sebagai insan pergerakandan hamba Tuhan.
Sebagai mana trivial bahwa PMII Ahmad Dahlan yang mayoritas kader dan anggotanya adalah calon pendidik, diskusi dan diskursus bidang pendidikan tentunya tak ketinggalan pentingnya.Salah satu dari upaya tersebut adalah rekomendasi untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa bidang pendidikan yang diwakili oleh Sahabat Khoirun Abror dan Ahmad Taufikin yang menghasilkan rumusan CME (Cultural Mathematic Education) dan telah diajukan ke DP2M DIKTI.Disamping diskusi-diskusi nonformal yang dilakukan dengan intensif.
C. KONDISI EKTERNAL ORGANISASI

1. Perebutan Basis Massa
Sebagai organisasi gerakan kemahasiswaan maka seyogyanya kampus adalahmerupakan hal penting untuk dikuasai oleh PMII. Berbagai macam strategi dilakukan untuk kemudian mampu menguasai bassis atau kantong-kantong massa yang ada didalam kampus. Tidak terkecuali oleh Komisariat PMII Ahmad Dahlan. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa berbagai macam hambatan pun kita dapatkan untuk meraih itu semua.
Sebagai patron kampus kita dapat menyebut bahwa Organisasi Internal kampus merupakan icon dari mahasiswa yang ada di lingkup perguruan tinggi tersebut. Di UMP belum ada prangkat BEM maupun DPM, yang berada dikampus hanyalah Himpunan Mahsiswa Jurusan (HMJ) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).IMM yang notabenya seharusnya organisasi eksternal kampus, dikarenakan berbagai kepentingan kampus dijadikan sebagai semacam organisasi internal yang secara yuridis formal diakui oleh kampus, meskipun peranan dan wewenangnya terbatas.Ini menjadi kendala bagi organisasi eksternal lainnya. Namun sebenarnya mobilisasi massa masih sangat mungkin untuk kita lakukan dan kita kuasai basis-basisnya.

2. Membangun yuridis identitas
Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagaimana diketahui merupakan salah satu amal usaha dibawah Muhamadiyah.Bagi PMII ini menjadi tantangan tersendiri karena meski bagaimanapun basis dari PMII adalah mahasiswa NU.Dengan demikian identitas yuridis formal akan sangat sulit didapatkan. Akan tetapi ketika kita melihat basis mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut sangat mungkin kita memiliki kekuatan dan pengakuan dari mereka.


3. Membangun Gerakan
Asas kemasyarakatan organisasi PMII adalah sebuah tuntutan wajib untuk setiap kader. Hal ini dikarenakan bahwa PMII merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat. Setiap gerak dan usaha PMII haruslah berorientasi pada kemaslahatan rakyat sebagai bentuk manifestasi btanggung jawab PMIIsebagai elemen civil society. Ini juga sebagai bukti bahwa kita harusnya selalu mempertegas fungsi kita sebagai oposisi dalam mengawal agenda reformasi dan selaku agen control.Namun bagi PMII Ahmad Dahlan upaya membangun gerakan ini baru sebatas diskursus dan gejolak pribadi kader, inilah yang menjadi PR bagi kita.

D. HAMBATAN

Hambatan yang paling terbesar yang kami temui dalam periode ini adalah koordinasi, yakni menyatukan pandangan-pandangan dan langkah-langkah untuk kemudian membesarkan nama organisasi kita ini. Ada beberapa hal yang paling mendasar yang kami dapat jabarkan:
Pertama: secara struktur kelembagaan Pengurus Komisariat ini baru pertamakali. Ini seringkali memunculkan kegamangan dalam setiap langkah yang akan kita tempuh. Disamping kematangan masing-masing individu pengurus yang masih dalam tahap proses belajar.
Kedua: Dalam setiap program yang akan di realisasikan, kita selalu berusaha untuk melakukan sosialisasi, koordinasi, dan konsolidasi. Namun sering kali kita selalu sibuk dengan apa yang kita lakukan masing-masing bahkan sering kali kita bersikap apatis terhadap organisasi kita ini. Hal ini yang menyebabkan kurangnya komunikasi sehingga kita kesulitan dalam menyatukan persepsi.
Ketiga: Kita harus jujur mengakui bahwa jiwa pergerakan dan ikatan emosional kita belum sepenuhnya terjalin. Ketepatan hati , pikiran dan gerakan belum terarah 100 % untuk mencapai tujuan yang telah kita sepakati dalam setiap permusyawaratan.
Dengan sederet hambatan diatas kemudian memicudan mengakibatkan tidak maksimalnya roda keorganisasian ini berjalan.Itulah yang menjadi hambatan kami dalam bergerak selama ini.

E. PENUTUP

Sahabat-sahabat yang saya hormati, forum kita ini merupakan dialektika dan ajang silaturahim bagi seluruh kader maupun anggota PMII yang hadir hari ini. Kami telah menyampaikan semua pandangan kami yang kami anggap wajib untuk dilaporkan pada forum ini. Berbagai macam elemen-elemen telah kami paparkan selama satu periode kepengurusan dan tidak lain bahwa niatan kami adalah bagaimana PMII tercinta mampu eksis sepanjang masa.
Berbagai macam kekurangan dan kelemahan yang kami tidak dapat tutupi adalah bukti bahwa kami adalah manusia biasa yang mempunyai segala macam keterbatasan dalam berbuat. Tetapi hal yang perlu kami sampaikan bahwa kami hanyalah perintis pertama dalam sejarah Komisariat yang kemudian akan dilanjutkan tonggak kepengurusan ini oleh kalian kader terbaik yang dimilki PMII.
“Tak ada gading yang tak retak” pepatah kuno yang selalu mengingatkan kita bahwa disatu sisi kita dengan berbagai macam kehebatan kita, kita adalah yang terbaik, tetapi disisi lain kita dengan berbagai macam kelemahan kita, kita adalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Pada akhirnya setelah kurang lebih 1 tahun lamanya menjabat sebagai ketua Komisariat PMII Ahmad Dahlan saatnya saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh kader dan anggota PMII yang telah dengan segala keletihannya menyumbangkan gairah intelektualnya bagi eksisnya lembaga yang kita cintai ini. Ucapan terima kasih juga yang setinggi-tingginya kami ucapkan bagi seluruh panitia Rapat Tahunan Komisariat yang telah mampu mengukir sejarah untuk pertama kalinya RTK digelar dalam perjalanan PMII Ahmad Dahlan. Dan ucapan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya apabila selama kepengurusan kami banyak hal yang tidak tecapai tetapi itulah batas kemampuan kami dalam berbuat.Kami sadar banyak kekurangan yang kami miliki. Namun kami juga tidak yakin apa yang telah kami lakukan, tidak berguna sama sekali.
Dan selanjutnya kami serahkan kepada sahabat-sahabat untuk kembali kita lakukan refleksi dan evaluasi, lalu kita bicarakan dan diskusikan bersama apa yang kemudian harus kita benahi demi kesuksesan periode selanjutnya.
Kami hanya berpesan teruskanlah perjuangan mu wahai sahabat.Karena perjuangan belum selesai dan revolusi belum berakhir.
PMII adalah detak jantungku. . . .
Tangan terkepal dan maju kemuka. . . .
Wallahul muwaffiq ila aqwamitthoriq
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.


























LAMPIRAN 1
REALISASI PROGRAM DAN NONPROGRAM
PK PMII Ahmad Dahlan Periode 2010-2011

No Waktu Agenda Tempat Ket.
1 Ahad, 24 Oktober 2010 Deklarasi dan Rapat Pembentukan Komisariat Ahmad Dahlan Secretariat PC PMII Purworejo All
2 Rabu, 27 Oktober 2010 Rapat Tim Formatur Balkon Kampus UMP Tim Formatur
3 Kamis, 28 Oktober 2010 Aksi Sumpah Pemuda Gedung DPRD Purworejo All
4 Jum’at-Ahad, 29-31 Oktober 2010 Penggalangan dana Erupsi Merapi Pertigaan “Arta Tirta” dan Perempatan BRI All
5 Ahad, 07 November 2010 Penyerahan bantuan ke korban erupsi Merapi di Magelang Posko PC PMII Magelang All, terkendala kecelakaan
6 Jum’at, 19 November 2010 Pembukaan MAPABA STAINU Gedung PC Ansor Erfika (Ketum)
M. Amir (Ket II)
7 Ahad, 21 November 2010 MAPABA STAINU TMP “Handoko loyo” Purworejo Erfika, Gesit, Heru, Harto, Umi
8 Rabu, 01 Desember 2010 Rapat Panitia RAKER Auditorium UMP All
9 Jum’at, 03 Desember 2010 Diskusi antar Komisariat
“Aswaja” A4.3.6 Kampus UMP STAINU, An-Nawawi dan AD
10 Selasa, 07 Desember 2010 Ziarah Makam Imam Puro dan RAKER Puncak Geger Menjangan dan Kedai SAKE UMP All
11 Jum’at, 10 Desember 2010 Diskusi mingguan Komisariat
“Antropologi Kampus” Balkon Kampus UMP All
12 Jum’at, 17 Desember 2010 Diskusi mingguan Komisariat
“Sejarah Bangsa” Balkon Kampus UMP All
13 Jum’at, 24 Desember 2010 Diskusi mingguan Komisariat
“NDP PMII” Balkon Kampus UMP All
14 Sabtu-Ahad, 25-26 Desember 2010 Sekolah Gender PMII Komisariat Jaka Sangkrib STAINU Kebumen Gedung Islamic Centre Kebumen Abror, Umi, Iim
15 Jum’at, 31 Desember 2010 Satu tahun wafatnya Gusdur Balkon Kampus UMP All
16 Jum’at, 07 Januari 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“Gender Perspektif Islam” Balkon Kampus UMP All
17 Jum’at, 14 Januari 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“Aswaja Kosmopolitan” Balkon Kampus UMP All
18 Jum’at,28 Januari 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“Menanggapi isu Ahmadiyah” Balkon Kampus UMP All
19 Jum’at, 04 Februari 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“Sistem birokrasi Kampus UMP” Balkon Kampus UMP All
20 Jum’at, 11 Februari 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“Paradigma Mobilisasi Masa” Balkon Kampus UMP All
21 Jum’at, 18 Februari 2011 Maulid Nabi Muhammad SAW Auditorium UMP All
22 Jum’at, 25 Februari 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“Gusdur antara wali dan guru bangsa” Balkon Kampus UMP All
23 Jum’at, 04 Maret 2011 Gendu-gendu rasa MAPABA Balkon Kampus UMP All
24 Jum’at, 11 Maret 2011 Rapat Pembentukan Panitia MAPABA
Ziarah Makam Bulus Balkon Kampus UMP
Makam Bulus All
25 Ahad, 13 Maret 2011 Rapat Panitia MAPABA Secretariat PC Panitia MAPABA
26 Jum’at, 18 Maret 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“Budaya jawa dan Islam” Balkon Kampus UMP All
27 Maret 2011 RTK PMII Komisariat An-Nawawi Kampus STAIAN Kharis, Abror, Amir
28 Jum’at, 25 Maret 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“Intlektualitas Mahasiswa” Balkon Kampus UMP All
29 Sabtu-Ahad, 26-27 Maret 2011 Sarasehan dan Diklat Keuangan Organisasi PKC PMII Jawa Tengah LPK Kharisma Kota Kudus Abror, Umi, Iim
30 Jum’at, 01 April 2011 Diskusi Mingguan Komisariat
“PAO PMII AD” Balkon Kampus UMP All
31 Jum’at, 08 April 2011 Rapat Panitia Mapaba
“Pembentukan Panitia Bayangan” Balkon Kampus UMP Panitia MAPABA

32 11-18 April 2011 Perekrutan Calon peserta MAPABA dan pencarian dana UMP dan Purworejo Panitia Bayangan dan Pendanaan
33 17 April 2011 Harlah PMII ke-51 TMP “Handoko Loyo” PC dan All Komisariat
34 Senin, 18 April 2011 Rapat ceking akhir MAPABA Balkon Kampus UMP Panitia MAPABA
35 Rabu, 20 April 2011 Ceking akhir lokasi MAPABA Balai Desa Winong Kidul, Gebang Panitia MAPABA
36 Jum’at-Ahad, 22-24 April 2011 MAPABA Pertama PMII Komisariat AHMAD DAHLAN Balai Desa Winong Kidul All
37 Kamis, 29 April 2011 Follow Up MAPABA Auditorium UMP Peserta MAPABA
38 Ahad, 01 Mei 2011 KONFERCAB VII PC PMII Purworejo Auditorium STAINU PC dan All
39 Kamis, 05 Mei 2011 Diskusi Mingguan Korp “Saka” Ruang Kuliah UMP PK dan Korp Saka
40 Kamis, 12 Mei 2011 Diskusi Mingguan Korp “Saka” Ruang Kuliah UMP PK dan Korp Saka
41 Jum’at, 13 Mei 2011 Masuk BaseCamp Ahmad Dahlan (BCA) Base cemp AD (BCA) All
42 Kamis, 19 Mei 2011 Diskusi Mingguan Korp “Saka” Ruang Kuliah UMP Korp Saka
43 Kamis-Senin, 26-30 Mei 2011 KONKORCAB PKC PMII Jawa Tengah Gedung DIKLATSATKER Pati Kharis, Umi, Irma, Beta
44 Kamis, 02 Juni 2011 Diskusi Mingguan Korp “Saka” BCA PK dan Korp Saka
45 Kamis, 09 Juni 2011 Diskusi Mingguan Korp “Saka” Ruang Kuliah UMP PKC,PC, PK dan Korp Saka
46 Jum’at, 10 Juni 2011 Diskusi Komisariat Kampus UMP PK dan Korp Saka
47 Kamis, 23 Juni 2011 Diskusi Mingguan Korp “Saka” BCA Korp Saka
48 Kamis, 07 Juli 2011 Diskusi Mingguan Korp “Saka” BCA Korp Saka
49 Kamis, 21 Juli 2011 Diskusi persiapan diskusi Dayang Sumbing BCA PC dan all
50 Ahad, 24 Juli 2011 Diskusi Region “Dayang Sumbing” Magelang Erfika, Imam, Amir, Kiki, Irma, Ari,
51 Agustus 2011 Tilawah dan kegiatan Ramadhan BCA PB AD
52 Selasa, 16 Agustus 2011 Pelantikan PK PMII An-Nawawi Kampus STAIAN Kharis, Mubyar
53 Jum’at, 19 Agustus 2011 Buka Bareng PC Sekretariat PC PC dan All Komisariat
54 Jum’at, 23 September 2011 Diskusi mingguan Komisariat
“silaturahmi dan halal-bil halal” BCA All
55 Jum’at, 30 September 2011 Diskusi mingguan Komisariat
“pernyataan sikap isu FLM UMP” BCA All
56 Jum’at, 07 Oktober 2011 Diskusi dan Pembentukan panitia Harlah BCA All
57 Jum’at, 14 Oktober 2011 Rapat panitia Harlah BCA Panitia Harlah
58 Ahad, 16 Oktober 2011 RTK PMII Komisariat STAINU Auditorium STAINU Kharis, Mubyar
59 Jum’at, 21 Oktober 2011 Cheking akhir Harlah BCA Panitia Harlah
60 Sabtu-Ahad, 22-23 Oktober 2011 Harlah PMII Komisariat Ahmad Dahlan yang ke-1 BCA All
61 Kamis-Ahad, 27-30 Oktober 2011 PKD Balai Desa Sukoharjo Purwodadi Anggota AD
62 Jum'at, 11 November 2011 Diskusi antar Komisariat dan Peringatan Hari Pahlawan Kampus STAIAN AD, An-Nawawi, STAINU
63 Ahad, 13 November 2011 Refleksi Hari Pahlawan TMP “Handoko Loyo” PC dan All Komisariat
64 Jum'at, 18 November 2011 Pembukaan MAPABA STAINU,
Pemateri Ke-PMII-an Masjid Nurul Kalam Kroyo Kharis, Mubyar
M Amir
65 Ahad, 20 November 2011 MAPABA STAINU Masjid Nurul Kalam Kroyo Kharis, Mubyar, Amir, Gesit, Iim, Umi,
66 Ahad, 04 November 2011 Follow Up MAPABA BCA Peserta MAPABA Dari AD
67 Jum’at, 25 November 2011 Sosialisasi RTK dan Pembentukan Panitia RTK BCA All
68 Ahad, 27 November 2011 Rapat Panitia RTK BCA Panitia RTK
69 Jum’at, 02 Desember 2011 Rapat Panitia RTK BCA Panitia RTK
70 Ahad, 11 Desember 2011 RTK Ke-1 PK PMII AD BCA All

LAPORAN SURAT KELUAR

No Nomor Surat Hal Kepada
1 01.PK-I.V-01.01-001.A-1.11.2010 Permohonan SK PC
2 02.PK-I.V-01.01-001.A-1.12.2010 Undangan PC
3 01.PK-I.V-01.02-001.A-1.12.2010 Rekomendasi PMII Joko Sangkrib
4 01-20.PK-I.V-01.01-002.A-1.12.2010 Undangan All PK PMII AD
5 01-20.PK-I.V-01.01-001.A-2.12.2010 SK All PK PMII AD
6 01-06.PK-I.V-01.01-003.A-1.03.2010 Permohonan dana Donatur
7 03.PK-I.V-01.01-001.A-1.03.2010 Permohonan Pemateri PC
8 04-05.PK-I.V-01.01-001.A-1.03.2010 Undangan PK PMII STAINU, An-Nawawi
9 07.PK-I.V-01.01-003.A-1.03.2010 Peminjaman tempat Kades Winong Kidul
10 08.PK-I.V-01.01-003.A-1.12.2010 Undangan Tokoh Masyarakat Winong Kidul
11 21-35.PK-I.V-01.01-002.A-1.03.2010 Undangan All PK PMII AD
12 06.PK-I.V-01.01-001.A-1.06.2010 Undangan PC
13 07.PK-I.V-01.01-001.A-1.10.2010 Undangan PC
14 08-09.PK-I.V-01.01-001.A-1.10.2010 Undangan PK PMII STAINU, An-Nawawi
15 10.PK-I.V-01.01-001.A-1.12.2010 Undangan PC
16 11-12.PK-I.V-01.01-001.A-1.10.2010 Undangan PK PMII STAINU, An-Nawawi
17 36-58.PK-I.V-01.01-002.A-1.12.2010 Undangan Anggota baru PMII AD








LAPORAN SURAT MASUK

No Nomor Surat Hal Dari
024.PC-VI.V-01.01.003.12.2010 SK PC
03.PK-IV.V-01.01.001.11.2010 Undangan PK PMII STAINU
021.PK-XI.V-01.01.001.12.2010 Undangan PK PMII Joko Sangkrib
04.PK-IV.V-01.01.001.03.2011 Undangan PK PMII An-Nawawi
03.PK-V.V-01.01.001.11.2011 Undangan PK PMII STAINU
06.PK-V.V-01.01.001.11.2011 Undangan PK PMII STAINU
04.PK-V.V-01.01.001.08.2011 Undangan PK PMII An-Nawawi
08.PK-V.V-01.01.001.11.2011 Undangan PK PMII An-Nawawi


LAPORAN KEUANGAN
PENGURUS KOMISARIAT PMII AHMAD DAHLAN
Periode 2010-2011


No Bulan Uraian D K Saldo
Tahun 2010
1 Oktober Saldo RPK 27.000 27.000
2 November Donatur 50.000 77.000
Penyaluran Bantuan 25.000 52.000
3 Desember
Raker
Peserta 130.000 182.000
Donatur 50.000 232.000
Pengeluaran 127.000 105.000
Sekolah Gender 100.000 5.000
Total 257.000 252.000 5.000
Tahun 2011
4 Januari Iuran dan Infak 56.000 61.000
ATK 23.000 38.000
5 Februari Iuran dan Infak 66.000 104.000
6 Maret Cabang 150.000 254.000
Diklat Kudus 250.000 4.000
7 April MAPABA
Proposal 405.000 409.000
Donator 200.000 609.000
Peserta 675.000 1.284.000
Pengeluaran 1.028.500 255.500
8 Mei Donatur 800.000 1.055.500
Kontrakan 950.000 105.500
9 Juni Perlengkapan 200.000 (94.500)
Listrik 30.000 (124.500)
10 Juli Donatur 100.000 (24.500)
Listrik 30.000 (54.500)
11 Agustus Donatur 600.000 545.500
Kontrakan 550.000 (4.500)
Listrik 30.000 (34.500)
12 September Donatur 100.000 65.500
Alat dapur 55.000 10.500
Listrik 30.000 (19.500)
13 Oktober Iuran antena 60.000 40.500
Iuran listrik 30.000 70.500
Listrik 30.000 40.500
Harlah
Pemasukan 270.000 310.500
Pengeluaran 302.000 8.500
Donatur 30.000 38.500
Korp Saka 100.000 138.500
White board 65.000 73.500
boardmarker 35.000 38.500
Iuran listrik 40.000 78.500
Listrik 35.000 43.500
14 November Donator 65.000 108.500
Listrik 35.000 73.500
Antenna 92.500 (19.000)
15 Desember Iuran 43.000 24.000
Total 3.790.000 3.771.000 24.000

Jumlah seluruh pemasukan 4.047.000
Jumlah seluruh pengeluaran 4.023.000
Saldo akhir 24.000













Inventarisasi
Pengurus PMII Komisariat Ahmad Dahlan
Periode 2010-2011

No Nama Barang Jumlah Keterangan
1 Bascamp 1 Unit Mengenaskan
2 Kompor Gas 1 Unit Angel durubaken
3 Tabung LPG 1 Unit Lumayan
4 Panci 2 Unit 1 pinjam
5 Gelas 5 Mung Keton 2
6 Sendok 4 Ora keurus
7 Galon 1 Unit Dipecah Amir
8 Ember 1 Unit Lumayan
9 Cintuk 1 Unit Lumayan
10 Alat dapur 1 paket Lumayan
11 Televisi 1 unit Layare miring
12 Kasur 2 Mambu apex
13 White board 2 Anyar
14 Papan info 1 Anyar
15 Papan nama 1 Lumayan
16 Lemari 1 Janjane kotak
17 Computer 1 unit Luthung
18 Karpet 2 Lecek
19 Printer 1 unit Bobrok
20 Sapu 1 Mendingan
21 Mukena 1 Apik
22 Sajadah 4 Lumayan
23 dll - -

4 komentar:

  1. Terimakasih untuk para senior-senior kami. Perjuangan akan tetap dilanjutkan, hingga lupa dengan kata "perjuangan"

    BalasHapus