MARS PMII

Inilah kami wahai Indonesia Satu barisan dan satu cita Pembela bangsa, penegak agama Tangan terkepal dan maju kemuka Habislah sudah masa yang suram Selesai sudah derita yang lama Bangsa yang jaya Islam yang benar Bangun tersentak dari bumiku subur *Reff : Denganmu PMII Pergerakanku Ilmu dan bakti, ku berikan Adil dan makmur kuperjuangkan Untukmu satu tanah airku Untukmu satu keyakinanku Inilah kami wahai Indonesia Satu angkatan dan satu jiwa Putera bangsa bebas meerdeka Tangan terkepal dan maju kemuka Denganmu PMII Pergerakanku Ilmu dan bakti, ku berikan Adil dan makmur kuperjuangkan Untukmu satu tanah airku Untukmu satu keyakinanku

Selasa, 29 Maret 2011

PROPOSAL MAPABA 2011

A.Dasar Pemikiran
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, merupakan organisasi pengkaderan yang konsen diwilayah pemberdayaan generasi muda Indonesia khususnya mahasiswa. PMII yang secara kultural lahir dari organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdhatul Ulama, namun secara struktural PMII menyatakan interdependensinya dari ormas Islam tersebut.
Secara filosofis, makna Pergerakan adalah dinamika dari hamba (mahluk) yang senantiasa bergerak menuju tujuan idealnya memberikan manfaat bagi alam sekitar. Mahasiswa adalah generasi muda yang menuntut ilmu di Perguruan Tinggi dan mempunyai identitas diri. Identitas diri mahasiswa terbangun oleh citra diri sebagai insan religius, insan dinamis, insan sosial, dan insan mandiri. Dari identitas mahasiswa tersebut terpantul tanggung jawab keagamaan, tanggung jawab intelektual, tanggung jawab sosial kemasyarakat, dan tanggung jawab individu sebagai hamba Allah, maupun sebagai warga bangsa dan negara. Islam yang terkandung dalam PMII adalah Islam sebagai agama yang dipahami dengan haluan atau paradigma ahlussunah wal jama’ah, yaitu konsep pendekatan terhadap agama Islam secara proporsional antara iman, islam, dan ikhsan yang di dalam pola pikir, pola sikap, dan pola perilakunya tercermin sifat-sifat selektif, akomodatif, dan integratif. Indonesia dalam PMII merupakan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia yang memiliki falsafah dan ideologi bangsa (Pancasila) serta UUD 45 dengan kesadaran kesatuan dan ketuhanan bangsa yang terbentang dari Sabang sampai Merauke yang diikat dengan kesadaran wawasan nusantara.
Berbicara PMII hari ini, tidak bisa dilepaskan dari problematika sosial kemasyarakatan bahwasannya pergerakan pemuda harus mampu menjawab tantangan globalisasi. Maka kunci utama yang harus dibangun adalah, bagaimana PMII menciptakan kader yang siap bertarung dalam situasi dan kondisi apapun agar tujuan ideal dapat tercapai dengan maksimal.
Dalam rancang bangun pengkaderan PMII untuk mencapai targetan tersebut maka disusunlah pola kaderisasi formal yang berjenjang yakni MAPABA, PKD (Pelatihan Kader Dasar), dan PKL (Pelatihan Kader Lanjut). Selain itu, proses pengkaderan dalam PMII juga mencakup proses pengkaderan informal dan non formal yang dilakukan dalam keseharian organisasi.
PMII dalam perkembangannya dewasa ini seolah diklaim sebagai antek organisasi politik, padahal PMII sendiri adalah organisasi pengkaderan yang tidak terikat dengan organisasi politik apapun. Ruang lingkup pengkaderan PMII mencakup semua bidang antara lain agama, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, yang kesemuanya menjadi cerminan watak kader PMII. Jadi, klaim tersebut di atas bukanlah kondisi PMII secara utuh.
PMII Komisariat Ahmad Dahlan berusaha melakukan proses pengkaderan tersebut di atas, yaitu Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) sebagai upaya perekrutan anggota baru sejalan dengan mandat PMII yang bukan organisasi saat ini saja melainkan akan selalu berkelanjutan. Yang dalam hal ini lebih menekankan pada karakter seorang anggota dalam rangka proses pembentukan kader ideal dan professional yang dibingkai dengan konsep kultur. Tujuannya adalah menumbuhkan kader berjiwa pemimpin yang arif, bijak, bermoral baik, berkarakter dan berbudaya.

B.Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama MAPABA (Masa Penerimaan Anggota Baru).

C.Tema Kegiatan
Kegiatan ini mengambil tema: ”Menciptakan Insan Pergerakan yang Berkepribadian Kosmopolit, Militant dan Kritis Berbasis Kultur untuk Kejayaan Indonesia”

D.Dasar Kegiatan
1.AD/ART PMII
2.Program Kerja Pengurus Komisariat PMII Ahmad Dahlan 2010-2011
3.Rapat Pleno Pengurus Komisariat Tanggal 11 Maret 2011

E.Tujuan
1.Perekrutan anggota baru sebagai kesinambungan eksistensi bagi PMII Komisariat Ahmad Dahlan.
2.Memperkuat fondasi nilai, semangat, gagasan, dan cita-cita gerakan PMII.
3.Menciptakan Insan Pergerakan yang Berkepribadian Kosmopolit, Militant dan Kritis Berbasis Kultur untuk Kejayaan Indonesia.
4.Memberikan wawasan dan pencerahan intelektualitas anggota sebagai ikhitiar mewujudkan kader yang berkualitas.

F.Peserta Kegiatan
Kegiatan ini diikuti 40 calon Anggota baru. Masing-masing 30 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo dan 10 perwakilan dari mahasiswa Perguruan Tinggi lain.

G.Pelaksanaan Kegiatan
Hari/Tanggal : Jum’at-Ahad, 22 - 24 April 2011
Waktu : Pukul 09.00 WIB - selesai
Tempat : Winong Kidul, Gebang, Purworejo

H.Pelaksana Kegiatan
Pelaksana kegiatan ini adalah kepanitiaan yang dibentuk oleh Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia PMII Ahmad Dahlan.

I.Estimasi Dana
Biaya yang dibutuhkan dalam kegiatan ini sebesar Rp.4.121.000 (Empat juta seratus dua puluh satu ribu rupiah). Dengan sumber dana berasal dari
1.Peserta MAPABA
2.Alumni
3.Donatur
4.Sumber-sumber lain yang halal dan tidak mengikat
Adapun rincian anggaran dana kegiatan ini sebagaimana terlampir.

J.Susunan Panitia
Adapun susunan panitia kegiatan ini sebagaimana terlampir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar